Biografi Syekh al-Azhar ketiga puluh sembilan: Syekh Muhammad al-Fahham

[Biografi Syekh al-Azhar]
Syekh al-Azhar ketiga puluh sembilan: Syekh Muhammad al-Fahham (1321 -1400 H/1894-1980 M)

Beliau lahir di Alexandria pada 18 Rabiul Awwal 1321 H bertepatan dengan 18 September 1894 M. Beliau besar dan belajar di kota kelahirannya tersebut. Setelah menghafalkan al-Quran dengan sempurna, beliau memulai pendidikan formalnya di Ma’had Diniyah Alexandria.

Ketika beliau duduk di tingkat 2 ibtida’i (setingkat SMP), dan saat itu sedang dilaksanakan ujian lisan, Grand Syekh al-Azhar Salim al-Bisyri berkunjung ke Ma’had tempat beliau belajar. Syekh Salim al-Bisyri bertanya kepada beliau tentang bab “naib fa’il” dalam ilmu nahwu. Beliau menjawabnya dengan sangat tangkas dan cermat sehingga Syekh Salim al-Bisyri bertanya sebagai pujian terhadap beliau: “Ini murid ibtida’i atau murid tsanawi?” Kemudian Syekh Salim al-Bisyri mendoakan untuk beliau kebaikan dan keberkahan.

Syekh Muhammad al-Fahham bukan hanya ahli dalam bahasa Arab, beliau juga mahir dalam ilmu mantiq dan geografi. Ketika duduk di tingkat dua tsanawi (setingkat SMA), beliau telah menulis buku tentang mantiq yang berjudul “al-wajahat”. Buku tersebut justru diambil manfaatnya oleh para pelajar universitas.

Pernah Syekh Muhammad al-Fahham berkesempatan untuk belajar di fakultas Darul Ulum Universitas Kairo, namun beliau mengabaikannya. Padahal saat itu Darul Ulum lebih menjanjikan masa depan dibanding universitas yang lain. Demi mentaati pesan ibunya agar tidak meninggalkan al-Azhar, beliau tetap belajar di Pendidikan Tinggi pada kantor Pusat Ulama Alexandria dan mengikuti ujian yang diselenggarakan al-Azhar hingga mendapatakan ijazah sarjana pada tahun 1922 M.

Setelah lulus sarjana, beliau tidak tertarik untuk menjadi pegawai di instansi pemerintah. Beliau justru menggeluti dunia perdagangan dan sukses di dalamnya. Namun panggilan ilmiah menarik beliau untuk mengajar Ma’had Diniyah Alexandria. Kemudian pada tahun 1935 M. beliau mengajar di fakultas Syariah al-Azhar Kairo.

Pada tahun 1936 M. beliau diutus oleh al-Azhar untuk belajar ke Perancis. Beliau berangkat beserta istri dan anak-anak beliau. Meskipun perang dunia kedua melanda Perancis, namun beliau tetap bertahan dan berhasil mendapatakan gelar diploma dari sekolah Alliance Francaise, Paris pada tahun 1938 M. Selain itu beliau juga meraih gelar diploma bahasa Timur dalam sastra Arab tahun 1941 M., gelar diploma dialek bahasa Libanon dan Syiria, dan diploma pemulihan pengajaran bahasa Perancis. Semua gelar diploma tersebut beliau dapatkan dari fakultas sastra Univ. Bordeaux pada tahun 1941 M. Kemudian pada Juli 1946 beliau meraih gelar doktor dari Universitas Sorbonne, Perancis.

Syekh Muhammad al-Fahham kembali dari Perancis pada tahun 1946 M. untuk mengajar di fakultas Syariah al-Azhar. Setelah itu beliau mengajar mata kuliah perbandingan sastra, nahwu dan sharaf di fakultas Bahasa Arab al-Azhar, dan akhirnya pada tahun 1959 beliau diangkat menjadi dekan di fakultas tersebut.

Pada tahun 1947 M. beliau bersama syekh Muhammad Irfat dan Syekh Muhammad Muhyiddin Abdul Hamid didaulat untuk mewakili al-Azhar di konferensi kebudayaan Arab di Libanon. Selain ke Libanon, saat itu beliau juga mengunjungi Syiria.

Pada tahun 1949 M. beliau diminta oleh Univ. Alexandria untuk mengajar di fakultas sastra. Beliau menerima permohonan itu dengan tetap mengajar di fakultas bahasa Arab al-Azhar.

Kunjungan beliau ke luar negeri:
- Menjadi Qadhi di Nigeria selama 5 bulan, tahun 1951 M.
- Konferensi Islam di Karachi, Pakistan, tahun 1952 M.
- Riset kehidupan umat Islam di Mauritania, tahun 1963 M.
- Konferensi Islam di Bandung, Indonesia, tahun 1964 M.
- Melihat peninggalan sejarah Arab Islam di Libya, Aljazair, Spanyol, tahun 1967 M.

Pada 5 Rajab 1389 H. bertepatan dengan 16 September 1969 M. beliau diangkat menjadi Syekh al-Azhar. ketika itu sedang marak gerakan missionaris Kristen di Mesir. Beliau bisa mendamaikan hal itu dan menjalin hubungan baik dengan penganut Kristen Koptik Mesir.

Syaikh Muhammad al-Fahham dikenal sebagai seorang ulama yang berilmu tinggi dan berakhlak mulia. Di samping itu beliau juga aktif menulis. Di antara karangan beliau adalah:
- Sibawaih
- Maqalat ‘adidah mutanawwi’ah
- Al-muslimun wa istirdad bait al-muqaddas
- Atsar al-Islam fi taujih al-qaadat al-idariyyin

Pada Maret 1973 M. beliau sakit dan digantikan oleh Syekh Abdul Halim Mahmud. Sisa hidup beliau dihabiskan untuk beribadah kepada Allah, dan akhirnya beliau wafat di Alexandria pada 19 Syawwal 1400 H. bertepatan dengan 30 Agustus 1980 M.

Sumber: al-Azhar al-Syarif fi dhaui sirati a’lamihi al-ajilla, karya Dr. Abdullah Salamah Nasr dan sumber-sumber yang lain.
My Libraries

Jasa Design Website Aceh

My Libraries

Jasa Design Website Aceh

To Top