Biografi Syaikh Al-Azhar Ketiga Puluh Dua: Syaikh Muhammad Makmun Al-Syinawi

[Biografi Syaikh al-Azhar]
Syaikh al-Azhar ketiga puluh dua: Syaikh Muhammad Makmun al-Syinawi (1878-1950)

Beliau lahir di desa al-Zarqa Propinsi Daqhaliyah pada tanggal 10 Agustus tahun 1878 M. Setelah menghafal al-Qur’an pada umur 12 tahun, beliau berangkat ke Kairo untuk menimba ilmu di al-Azhar.

Di Kairo beliau dimbimbing oleh Syaikh Sayyid al-Syinawi yang merupakan kakak beliau sendiri. Di awal pendidikan beliau dibebani dengan mata pelajaran yang dirasa berat. Beliau sempat putus asa, merasa tidak mampu melanjutkan pendidikannya dan memilih pulang kampung untuk menjadi seorang petani. Namun kakak dan keluarga beliau memberikan dorongan dan motivasi kepada beliau, sehingga akhirnya beliau kembali semangat untuk melanjutkan pendidikannya.

Syaikh Muhammad Makmun al-Syinawi dikenal sebagai murid yang cerdas, bertakwa, rajin dan pantang menyerah. Beliau rajin menimba ilmu kepada para ulama al-Azhar, utamanya kepada Syaikh Abu al-Fadl al-Gizawi dan Syaikh Muhammad Abduh. Syaikh Abdul al-Fadl al-Gizawi adalah pemimpin sidang doktoral beliau yang dilaksanakan pada tahun 1906 M. Meski beliau sedang sakit demam, namun beliau berhasil meraih nilai dengan sempurna. Beliau mendapatkan gelar doktor dalam umur 28 tahun.

Jenjang karir beliau:
-Pengajar madrasah agama di Alexandria, tahun 1917 M
-Dekan Fakultas Syariah Universitas al-Azhar, tahun 1930 M
-Anggota Dewan Ulama Senior al-Azhar, tahun 1934 M.

Pada hari Ahad Rabiul Awwal 1367 H/ 18 Januari 1948 beliau diangkat menjadi Syaikh al-Azhar. Beliau melanjutkan gerakan pembaharuan di tubuh al-Azhar dengan menghapus segala bentuk fanatik politik dan kepartaian. Beliau mengajak semua komponen al-Azhar untuk bersatu di bawah bendera al-Azhar dengan pedoman “Ilmu adalah kasih sayang di antara sesama.”

Syaikh Muhammad Makmun al-Syinawi mengambil kebijakan besar dengan mengirimkan delegasi khusus ke Inggris untuk belajar bahasa Inggris. Hal itu untuk mempersiapkan dakwah al-Azhar ke seluruh penjuru dunia, terutama ke negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Arab. Beliau juga menjalin kerjasama dengan berbagai pesantren dan lembaga Islam di seluruh dunia, utamanya di Pakistan, India, Indonesia, negara-negara Melayu, Afrika Selatan dan negara lainnya. Pada saat itu jumlah pelajar asing di al-Azhar lebih dari dua ribu orang, dan ulama al-Azhar telah tersebar di seperempat negara Islam di dunia.

Di Mesir beliau mendirikan sekolah-sekolah agama di seluruh propinsi. Beliau saat itu mendirikan ma’had di Mansurah, al-Minya, Samanud, Manuf dan Jirja. Selain itu beliau juga berencana mendirikan al-Azhar cabang di daerah-daerah.

Hidup beliau diabdikan sepenuhnya untuk kemajuan al-Azhar. Beliau tidak kenal lelah dalam berjuang, hingga pada akhirnya beliau sakit dan wafat pada jam 10 pagi tanggal 21 Dzulqa’dah 1369 H/ 4 September 1950 M. Semoga Allah menerima amal kebaikan beliau dan menempatkan beliau di sorga-Nya yang terindah. Amin.

Sumber: al-Azhar al-Syarif fi dhaui sirati a’lamihi al-ajilla, karya Dr. Abdullah Salamah Nasr dan sumber-sumber yang lain.
My Libraries

Jasa Design Website Aceh

My Libraries

Jasa Design Website Aceh

To Top