Biografi Syekh al-Azhar ketiga puluh lima: Syekh Muhammad Khidr Husain

[Biografi Syekh al-Azhar]
Syekh al-Azhar ketiga puluh lima: Syekh Muhammad Khidr Husain (1293-1377 H)

Beliau lahir di kota Nafta, Tunisia pada 26 Rajab 1293 H. Keluarga beliau berasal dari Al-Jazair yang merupakan keturunan dinasti Idrisiyah di Maroko. Sejak kecil beliau dididik oleh ayahanda, menghafalkan al-Qur’an dan belajar dasar-dasar ilmu agama.

Ketika beliau berumur 12 tahun, yaitu tahun 1305 H., keluarga beliau pindah dari kota Nafta ke ibukota Tunisia. Kemudian beliau belajar di universitas al-Zaytuniyah pada tahun 1307 H./ 1889 M. Kecerdasan beliau telah tampak sejak saat itu, dan pemerintah Tunisia melirik beliau untuk dijadikan pegawai di beberapa jabatan penting, meskipun pada saat itu beliau belum lulus kuliah. Beliau tetap melanjutkan pendidikannya, berguru kepada para ulama terkemuka, terutama kepada ahli tafsir dan hadits, seperti Syekh Salim Abu Hajib.

Setelah lulus sarjana di Univ. al-Zaytuniyah pada tahun 1317 H., beliau pergi ke Tripoli, Libya dan menetap di sana beberapa waktu. Kemudian beliau kembali lagi ke Tunisia dan mengajar di al-Zaytuniyah. Selain itu beliau bersama ulama yang lain juga mendirikan Yayasan al-Zaytuniyah di Tunisia pada tahun 1325 H.

Syekh Muhammad Khidr Husain dikenal sebagai ulama yang fasih lisan dan tulisannya. Beliau adalah seorang penyair ternama. Ketika terjadi perang antara pasukan Italia dan Turki Utsmani, syair-syair beliau mampu membangkitkan semangat kaum muslimin untuk membantu Turki Utsmani, sehingga kemenangan berada pada negara Islam tersebut.

Beliau telah mendatangi berbagai negara untuk mengambil ilmu dan faidahnya. Di Damaskus beliau mengajar bahasa Arab di Univ. Sulthaniyah. Di Astanah, Iran beliau menjadi redaktur bahasa Arab untuk Kementrian Angkatan Perang Iran. Panglima perang Turki Utsmani Envar Pasha juga pernah secara resmi mengirim beliau ke Jerman untuk belajar bahasa Jerman, dan beliau bisa menguasainya dengan sempurna. Selain itu beliau juga pergi ke Syam, Aljazair, Mesir dan negara-negara lainnya.

Negara yang paling sering beliau kunjungi adalah Mesir, dan pada kunjungan yang kesekian kalinya, beliau memutuskan untuk menetap dan menjadi warga negara Mesir. Beliau melanjutkan pendidikannya dan mendapatkan gelar doktor dari al-Azhar.

Karir Syekh Muhammad Khidr Husain di Mesir:
- Pemimpin redaksi majalah “Nur al-Islam” yang kelak berganti nama menjadi “Majalah al-Azhar”, tahun 1349 H.
- Mendirikan Yayasan “al-Syubban al-Muslimin, tahun 1346 H.
- Pemimpin redaksi majalah “Liwa al-Islam”, tahun 1366 H.
- Pemimpin pustaka “Darul Kutub al-Mishriyyah”
- Mendirikan Yayasan “Ta’awun Jaliyat Syimal Ifriqiya”
Pada hari Selasa, tanggal 26 Dzulhijjah 1371 H. bertepatan dengan tanggal 16 September 1952 M. beliau diangkat menjadi Syekh al-Azhar. Beliau menjadikan al-Azhar sebagai lembaga pendidikan Islam agung dan dihormati dunia. Pernah Presiden Tunisia, al-Habib Aba Raqibah mengundang beliau untuk berkunjung ke tempatnya, tetapi beliau tidak mau datang, karena presiden Tunisia tersebut tidak mau menerapkan ajaran Islam di negaranya.

Masa kepemimpinan Syekh Muhammad Khidr Husain tidak lama, hanya sekitar dua tahun saja. Beliau mengundurkan diri pada tahun 1371 H. karena berbagai macam sebab.

Beliau adalah seorang penulis produktif. Di antara karya beliau adalah:
1. Al-majaz wa al-naql wa atsaruhuma fi hayat al-lughah al-arabiyah
2. Al-istisyhad bi al-hadits fi al-lughah
3. Thuruq al-mushthalahat al-tibbiyah wa tauhidiha fi al-bilad al-‘arabiyah
4. Rasail al-ishlah
5. Diwn syi’ir khawatir al-hayat

Setelah hidup dengan umur panjang serta berhias ilmu dan amal, beliau wafat pada hari Ahad sore tanggal 13 Rajab 1377 H. bertepatan dengan tanggal 22 Februari 1958 M.

Sumber: al-Azhar al-Syarif fi dhaui sirati a’lamihi al-ajilla, karya Dr. Abdullah Salamah Nasr dan sumber-sumber yang lain.
My Libraries

Jasa Design Website Aceh

My Libraries

Jasa Design Website Aceh

To Top