Biografi Syeikh al-Azhar ketiga puluh tujuh: Syeikh Mahmud Syaltut

[Biografi Syeikh al-Azhar]
Syeikh al-Azhar ketiga puluh tujuh: Syeikh Mahmud Syaltut (1893- 1963 M)

Beliau lahir di kota Mansour, Markaz Itay al-Barud, Propinsi Buhairah pada tahun 1893 M. Setelah menghafal al-Quran di kampungnya, beliau masuk ke Ma’had Diniyah di Alexandria pada tahun 1906 M. Setelah menempuh pendidikan menengah di ma’had tersebut, beliau berangkat ke Kairo untuk belajar di al-Azhar.

Di Kairo beliau menimba ilmu kepada para ulama terkemuka, dan pada tahun 1918 M. beliau berhasil meraih gelar doktor dari Univ. al-Azhar. Selain menjadi mahasiswa, beliau juga berperan aktif di gerakan Revolusi 1919, dengan ceramah dan tulisan-tulisan yang beliau sebarkan.

Jenjang karir Syeikh Mahmud Syaltut:
- Pengajar Ma’had Diniyah di Alexandria, tahun 1919 M.
- Pengajar Departemen Pendidikan Tinggi al-Azhar di Kairo
- Pengacara di Pengadilan Syariah Mesir
- Pengawas Ma’had Diniyah al-Azhariyah, 1939 M.
- Anggota Dewan Ulama Senior al-Azhar, 1941 M.
- Anggota Majma al-Lughoh al-Arabiyah, 1946 M.
- Dosen fikih al-Quran dan Sunah untuk mahasiswa diploma Fakultas Hukum Univ. Kairo, 1946 M
- Sekretaris Umum Konferensi Islam, 1957 M.
- Wakil al-Azhar.

Pada tahun 1937 M. beliau diutus oleh al-Azhar untuk menghadiri konferensi “Perbandingan Hukum-hukum International” di Den Haag, Belanda. Pada kesempatan itu beliau menyampaikan makalah yang berjudul “Tuntutan Perdata pada Syariat Islam”.

Pada 13 Oktober 1958 M. beliau diangkat menjadi Syeikh al-Azhar. Beliau mendirikan “Majma’ al-Buhuts al-Islamiyah” sebagai pusat riset islami, yang mengadakan konferensi perdananya pada tahun 1964 M.

Syaikh Mahmud Syaltut melihat bahwa umat Islam telah terpecah sekian lama dan terkoyak menjadi bagian-bagian yang sangat fanatik terhadap kelompoknya. Beliau berusaha mendekatkan kelompok-kelompok tersebut supaya bisa bersatu, seperti yang beliau lakukan terhadap kelompok Sunni dan Syiah. Pemikiran beliau diterapkan dalam kurikulum al-Azhar dengan memasukkan materi semua madzhab fikih yang ada tanpa adanya fanatik buta.

Beliau telah mengunjungi berbagai negara di dunia untuk berdakwah menyatukan kelompok-kelompok Islam. Beliau pernah diundang ke Indonesia, Filipina, Malaysia, China, Rusia, India, Amerika, Jerman, Brazil, dan Pakistan.

Di antara karangan beliau adalah:
1. Fiqh al-Quran wa al-sunnah
2. Muqaranah al-madzahib
3. Al-Quran wa al-qital
4. Risalah al-Azhar
5. Al-Islam aqidah wa syari’ah

Demikianlah, Syaikh Syaltut mengabdikan hidupnya untuk al-Azhar dan umat Islam, hingga akhirnya beliau wafat pada tanggal 27 Rajab 1383 H/ 1963 M. Semoga Allah menempatkan beliau di sorga-Nya yang terindah. Amin.

Sumber: al-Azhar al-Syarif fi dhaui sirati a’lamihi al-ajilla, karya Dr. Abdullah Salamah Nasr dan sumber-sumber yang lain.
My Libraries

Jasa Design Website Aceh

My Libraries

Jasa Design Website Aceh

To Top