Biografi Syaikh Al-Azhar Ketiga Puluh Satu: Syaikh Musthafa Abdul Razzak

[Biografi Syaikh al-Azhar]
Syaikh al-Azhar ketiga puluh satu: Syaikh Musthafa Abdul Razzak (1885-1947 M)

Beliau adalah al-Imam Syaikh Musthafa bin Hasan bin Ahmad bin Muhammad bin Abdul Razzak, lahir pada tahun 1885 M di desa Bujarj, Propinsi al-Minya. Ayahanda beliau, Syaikh Hasan Pasha adalah sahabat Syaikh Muhammad Abduh yang bersama-sama membangun Yayasan al-Khairiyyah al-Islamiyyah. Beliau hidup di lingkungan yang sangat agamis sehingga sudah bisa menghafal al-Quran sejak umur sepuluh tahun. Setelah menguasai dasar-dasar ilmu agama beliau berangkat ke Kairo untuk menimba ilmu di al-Azhar.

Di Kairo beliau menimba ilmu kepada ulama-ulama besar, seperti Syaikh Basiyun ‘asal, Syaikh Muhammad Hasanain al-Bulaqi, Syaikh Abu al-Fadl al-Gizawi, dan Syaikh Muhammad Abduh yang sangat mempengaruhi perkembangan ilmu dan pemikiran beliau.

Semua cabang ilmu beliau pelajari, meski beliau lebih condong mempelajari ilmu filsafat sehingga kelak beliau menjadi filsuf besar. Beliau juga mempelajai ilmu kedokteran, astronomi, teknik dan ilmu umum yang lainnya.

Beliau adalah seorang pelajar yang aktif di dunia jurnalistik. Pada tahun 1900 M beliau bersama kawan-kawan mendirikan sebuah buletin yang berisi makalah, riset dan sastra. Hampir semua isi yang terdapat di buletin tersebut terpengaruh oleh ide-ide Syaikh Muhammad Abduh.

Pada tahun 1908 M beliau lulus sarjana dan mengajar di madrasah ‘’Al-Qadha al-syar’i’’. Kemudian pada tahun 1909 M beliau berangkat ke Perancis untuk belajar filsafat dan bahasa Perancis di Universitas Sorbon. Saat itu beliau bersama Ahmad Lutfi al-sayyid.

Di Perancis beliau mengikuti ceramah Émile Durkheim dalam ilmu sosiologi. Selain itu beliau juga mempelajari sejarah dan sastra Perancis. Kemudian beliau mengajar bahasa Arab di Universitas Lyon Perancis. Di sana beliau bersama Monsieur Bernard menerjemahkan kitab “Al-Aqidah al-islamiyah” ke dalam bahasa Perancis. Namun pendidikan beliau di Perancis harus berakhir karena terjadi perang dunia pertama dan kembali ke Mesir pada tahun 1914 M.

Di Mesir beliau diangkat menjadi pengurus di Majlis Tinggi al-Azhar pada tahun 1915 M atas perintah dari Sultan Husain Kamil. Kemudian beliau mengundurkan diri dari jabatan tersebut pada tahun 1916 M dan beralih menjadi anggota Yayasan al-Khairiyah al-Islamiyah. Pada tahun 1920 M beliau menjadi wakil direktur yayasan tersebut, dan menjadi direkturnya pada tahun 1946 M sampai beliau wafat.

Pada tahun 1935 M beliau diangkat menjadi dosen filsafat di Universitas Kairo. Kemudian menjabat sebagai menteri Perwakafan Mesir pada tahun 1938 M sampai tahun 1942 M.

Pada tahun 1945 M Syaikh Musthafa Abdul Razzak diangkat menjadi Syaikh al-Azhar menggantikan Syaikh Musthafa al-Maraghi. Pada saat beliau diangkat menjadi Syaikh al-Azhar, sebuah surat kabar Perancis, Li Monde menulis bahwa Perancis telah andil dalam besar dalam menyebarkan kebudayaan di dunia Islam. Itu karena beliau pernah belajar di Perancis. Namun hal itu ditentang oleh saudara beliau, Ali Abdul Razzak yang mengatakan bahwa ilmu tidak punya negara, jadi siapa saja boleh menimbanya.

Syaikh Musthafa Abdul Razzak melanjutkan pembaharuan di al-Azhar yang telah dilaksanakan oleh para pendahulu beliau. Di samping itu beliau juga aktif menulis. Di antara karya beliau adalah:
- Terjemah kitab Risalah al-Tauhid karangan Syaikh Muhammad Abduh dalam bahasa Perancis
- Makalah berbahasa Perancis seputar makna Islam dan makna agama dalam Islam
- Al-Tamhid li tarikh al-falsafah
- Al-imam al-Syafi’i
- Al-imam Muhammad Abduh

Pada tanggal 15 Februari 1947 beliau berangkat ke perpustakaan al-Azhar dan memimpin sidang dengan para petinggi al-Azhar. Setelah itu beliau pulang, makan dan tidur sebentar. Kemudian beliau bangun dan mengambil air wudhu. Tiba-tiba beliau sangat lelah dan meninggal dunia pada hari itu juga. Semoga Allah menerima amal dan membalas semua jasa-jasa beliau untuk al-Azhar dan umat Islam seluruhnya.

Sumber: al-Azhar al-Syarif fi dhaui sirati a’lamihi al-ajilla, karya Dr. Abdullah Salamah Nasr dan sumber-sumber yang lain.
My Libraries

Jasa Design Website Aceh

My Libraries

Jasa Design Website Aceh

To Top