Biografi Yataro Iwasaki – Pendiri Mitsubishi
Yataro Iwasaki adalah pendiri Mitsubishi
(岩崎 弥太郎 Iwasaki Yatarō, 9 January 1835 – 7 February 1885) Ia
dilahirkan dalam sebuah keluarga petani di provinsi Aki, Provinsi Tosa
(sekarang Kochi). Putra dari seorang petani sederhana, Yataro memulai
karirnya bekerja pada klan Tosa. Klan diadakan di banyak tempat di
Jepang unutk kepentingan bisnis, supaya merangsang anak muda untuk
berambisi membangun perekonomian yang baik.
Yataro memulai karirnya bekerja pada
klan Tosa, ia pergi ke Edo (kini Tokyo) ketika berusia sembilan belas
tahun bertujuan mencari pendidikan. Cedera serius yang dialami ayahnya
dalam suatu perselisihan dengan kepala desa membuat Yataro pulang dari
Edo setahun kemudian dan sebentar cuti dari studinya. Hakim setempat
menolak memproses kasus dari ayahya dan Yataro menuduh hakim korupsi.
Ia dikirim ke penjara selama tujuh bulan. Setelah dibebaskan ia tidak
memiliki pekerjaan untuk sementara waktu sebelum menemukan pekerjaan
sebagai guru sekolah desa.
Kembali ke Edo, ia disosialisasikan
dengan aktivis politik dan belajar di bawah reformis Yoshida Toyo, yang
terpengaruh dengan ide-ide tentang membuka dan mengembangkan
perekonomian bangsa melalui industri dan perdagangan luar negeri. Tak
lama kemudian, melalui Yoshida, ia mendapatkan pekerjaan sebagai juru
tulis bagi pemerintah Tosa. Ia kemudian dipromosikan ke posisi teratas
di marga Tosa kantor perdagangan di Nagasaki, yang bertanggung jawab
untuk perdagangan minyak kamper dan kertas untuk membeli kapal,
senjata, dan amunisi.
Setelah Restorasi Meiji tahun 1868 yang
memaksa pembubaran dari kepentingan bisnis shogun, Iwasaki pergi ke
Osaka dan menyewakan hak untuk perdagangan marga TSUKUMO Tosa Trading
Company. Perusahaan berubah nama menjadi Mitsubishi pada tahun 1873.
Perusahaan mengadopsi nama Mitsubishi
pada Maret 1870, ketika Yataro resmi menjadi presiden. Lambang yang
merupakan gabungan dari keluarga Iwasaki Lambang dan daun pohon ek
puncak Yamanouchi keluarga, pemimpin klan Tosa yang menguasai bagian
Yataro Shikoku di mana dilahirkan.
Mitsubishi kemudian hampir jatuh ketika
Insiden Formosan terjadi. Lima puluh empat nelayan Jepang tewas di
pulau Formosa (Cina) tetapi pemerintah Cina tidak bertanggung jawab
atas hal itu. Perusahaan Yataro awalnya disalahkan, tetapi kemudian
keadaan membaik dan bahkan Yataro memenangkan hak untuk mengoperasikan
kapal-kapal pemerintah diantaranya kapal transportasi untuk manusia dan
material, kemudian perusahaannya mulai berkembang lagi.
Yataro Iwasaki adalah pribadi yang
patuh kepada pemerintah Jepang yang baru, serta kepada perusahaan.
Mitsubishi menyediakan kapal-kapal yang membawa pasukan Jepang ke
Taiwan, dengan persetujuan dia mendapat hak untuk mengoperasikan kapal
lebih banyak dan subsidi tahunan yang besar dari pemerintah. Dia setuju
untuk membawa surat dan persediaan pemerintah lainnya. Dengan dukungan
pemerintah, ia mampu membeli lebih banyak kapal dan meningkatkan jalur
pelayaran Mitsubishi. Yang membantu dia mengantar dua Pengiriman asing
yang besar melalui rute Shanghai, sehingga menguntungkan Mitsubishi
Transportasi Perusahaan yang Yataro didirikan. Kemudian menjadi
perusahaan pelayaran yang besar, juga membawa pasukan untuk menumpas
pemberontakan di Kyushu. Yataro mengajarkan anak buahnya untuk
“melayani para penumpang sebaik mungkin” karena mereka adalah sumber
pendapatan. Sikap modern “pelanggan selalu benar” adalah senjata utama
perusahaannya.
Mitsubishi terdiversifikasi dengan
cepat, pertama memperoleh tambahan dan perluasan kapal penumpang dan
kargo, kemudian menyediakan transportasi untuk pasukan Jepang ke Taiwan
dan Kyushu. Hal ini menyebabkan lebih banyak dukungan pemerintah, yang
menyebabkan pasokan surat kontrak dan hak-hak pengiriman lebih lanjut
pada rute Shanghai yang menguntungkan melalui Mitsubishi Transportasi
Perusahaan yang Yataro didirikan. Kemudian ia berinvestasi di
pertambangan, perbaikan kapal dan keuangan. Pada tahun 1884 ia
mengambil sewa dari Nagasaki Shipyard dan menamainya Nagasaki Shipyard
& Machinery Works, memungkinkan perusahaan untuk melakukan
pembuatan kapal pada skala penuh.
Pada tahun 1885, Yataro kehilangan
kendali atas perusahaan pelayaran di belakang perjuangan politik yang
diterjang Jepang industri transportasi laut. Perusahaan ini bergabung
dengan saingan dan menjadi Nippon YUSEN (NYK Line), yang akan kembali
ke jajaran perusahaan Mitsubishi di tahun-tahun berikutnya.
Meskipun kehilangan perusahaan
pelayaran, Yataro mendirikan usaha lainnya (dalam perbankan,
pertambangan, surat kabar dan asuransi laut) dan yang membentuk dasar
bagi organisasi Mitsubishi. Kekayaannya melebihi satu juta yen. Yataro
begitu percaya diri dan dengan yakin bahwa ia dapat berpartisipasi
dalam banyak bisnis. Mitsubishi Kawase-ten, misalnya, adalah perusahaan
financial yang juga terlibat dalam bisnis pergudangan. Itu adalah
pendahulu dari perusahaan yang sekarang bernama Mitsubishi Bank dan
Mitsubishi Warehouse & Transportation. Yataro juga membeli tambang
batu bara dan tambang tembaga setelah menyewa sebuah galangan kapal
Nagasaki dari pemerintah. Dia telah berpartisipasi dalam mendirikan
perusahaan asuransi yang sekarang benama Tokyo Marine and Fire. Dia
bahkan memimpin sekolah yang sekarang menjadi Tokyo University of
Mercantile Marine.
Iwasaki Yataro adalah pengusaha yang
sangat visioner. Dia sering menjamu makan malam pejabat pemerintah di
perusahaanya. Iwasaki menghabiskan sejumlah besar uang pada kesempatan
ini tapi ia juga mendapatkan banyak keuntungan. Yataro banyak menolong
teman-temannya yang kemudian membantu dia dengan melakukan banyak
kebaikan. Dia sangat bagus dalam hubungan membina hubungan bisnis yang
akan membantunya di masa depan.
Namun Yataro, tidak ditakdirkan untuk
memimpin organisasi Mitsubishi dalam pertumbuhan fase baru. Dia
meninggal karena kanker saat berusia 50 tahun, dan digantikan
kepemimpinan bisnis keluarga pertama oleh saudaranya, dan kemudian
putranya.
Sumber :
info-biografi.blogspot.com/2010/03/biografi-yataro-iwasaki-pendiri.html